Selasa, 11 Juni 2022 program studi Sastra Cina Universitas Brawijaya mengadakan kegiatan “Virtual Job Fair and Sharing Session With Alumni” secara daring melalui platform Zoom. Pada kegiatan ini Sastra Cina Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya bersinergi dengan 7 perusahaan guna meningkatkan mutu para lulusan serta alumni, juga memberikan gambaran bagi para Mahasiswa aktif mengenai dunia pekerjaan.

Kegiatan ini menghadirkan 7 perusahaan dari berbagai macam bidang yaitu, Yongchun Chinese Languange Center, PT. Zhi Sheng Indonesia (VIVO), Bolong.ID, PT. Smoore Technology Indonesia, PT. Inti Karya Persada Teknik, PT. Flash Express Indonesia dan PT. Hisenor Technology Indonesia. Selain itu, juga mengundang Moch. Sholeh yang merupakan alumni Sastra Cina Universitas Brawijaya angkatan 2011 sebagai seorang narasumber pada sesi kedua, yaitu Sharing Session With Alumni.

          Sesi pertama kegiatan ini dibuka oleh Talisa selaku MC pada kegiatan ini. Acara dimulai dengan pemberian kata sambutan oleh Bapak Sahiruddin, M.A, Ph.D. selaku Ketua Departemen Bahasa dan Sastra FIB UB, Nanang Endrayanto, M.Sc selaku Ketua Program studi Sastra Cina FIB UB dan Ibu Nadia Setya Swastika, S.S selaku Ketua IKA. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan selayang pandang ketujuh perusahaan yang hadir pada saat itu. Pemaparan selayang pandang perusahaan ini bertujuan untuk nantinya para pelamar mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai perusahaan yang akan dituju. Setelah mendapatkan gambaran tentang perusahaan, diadakan sesi walk in interview bagi para pelamar dengan perusahaan melalui break out room yang disediakan oleh penyelenggara.

          Bersamaan dengan sesi walk in Interview, dilaksanakan juga sesi kedua yaitu Sharing Session with Alumni yang dipandu oleh Dinda selaku moderator bersama Moch. Sholeh sebagai narasumber. Pada sesi ini beliau memaparkan materi dengan tema “Menguasai Bahasa Mandarin, Memperluas Kesempatan”. Beliau menjelaskan bahwa menguasai bahasa Mandarin tidak menutup kesempatan kita untuk bekerja di berbagai bidang, melainkan banyak sekali peluang yang bisa kita dapatkan. Beliau juga memberitahukan apa yang dibutuhkan dan permasalahan apa saja yang biasanya dihadapi oleh karyawan pada saat memasuki dunia pekerjaan. Cara untuk menjadi seseorang yang dapat mencapai tujuannya adalah dengan mengenali, menekuni, mempraktekan, mereview dan melakukan analisa. 

          Beliau berkata, saat memasuki dunia pekerjaan kita diharuskan untuk memilih antara pengalaman atau kemampuan. Hal tersebut dikarenakan, memiliki pengalaman dapat mendongkrak nilai jual terhadap kemampuan seseorang. Namun, memiliki kemampuan akan membawa seseorang untuk menjadi yang terbaik yang akan menghasilkan nilai jual seseorang. (Dwi Nurul Zahra)