Pada hari Sabtu, 24 September 2022 mahasiswa Program Studi Sastra Cina Universitas Brawijaya mengikuti Lomba Story Telling & Fashion Show  yang diadakan oleh Confucius institute/Pusat Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Tema yang diusung pada lomba kali ini adalah 线下月圆, 平安世界“ atau Bulan Purnama Membawa Keamanan Dunia.  Lomba ini diselenggarakan untuk merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur dan juga sekaligus merayakan hari jadi Conficius Institute Universitas Negeri Malang, oleh karena itu para peserta lomba diwajibkan membawakan cerita rakyat Tingkok yang berhubungan dengan perayaan tersebut. Acara lomba ini diselenggarakan secara Hybrid (online & Offline), untuk acara offline diselenggarakan di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang.

          Lomba Story Telling & Fashion Show ini diikuti oleh seluruh pelajar & mahasisiwa se Indonesia, dengan jumlah peserta Story Telling ada 27 peserta dan Fashion Show ada 23 peserta. Program Studi Universitas Brawijaya sendiri mengirimkan 3 peserta Story Telling dan 1 peserta Fashion Show. Lomba ini diselenggarakan dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00, acara lomba diawali dengan sambutan dari Direktur Pusat Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang, lalu ada beberapa sesi hiburan, sesi lombanya sendiri dibagi menjadi 3 sesi yaitu selang-seling antara peserta lomba Story Telling dan juga fashion show. Acara berlangsung sangat lancar dan meriah, satu persatu peserta lomba menampilkan dengan semaksimal mungkin. Mahasiswa universitas brawijaya tampil pada sesi kedua dan ketiga. Setelah semua peserta menampilkan penampilan terbaik mereka, lalu dilanjutkan dengan beberapa hiburan sembari menunggu perhitungan skor dan juga pengumuman pemenang.

          Dengan sangat membanggakannya peserta lomba dari Program Studi Sastra Cina Universitas Brawijaya memperoleh hasil yang sangat baik. Karena semua peserta dari Universitas Brawijaya memperoleh gelar juara.

Dari sektor lomba Fashion show yang diwakili oleh:

  • Anegellen Hamemayu Y(2020), mendapatkan Juara I.

Dari sektor lomba Story Telling yang diwakili oleh  :

  • Dinda Ayu Anggraeni (2020) dengan judul cerita “诚意让和平”, mendapatkan juara 1
  • Herbert Pinehas Kustiono (2020) dengan judul cerita “月饼的秘密 mendapatkan juara 1
  • Akhmad Naufal (2022) dengan judul cerita 嫦娥奔月, mendapatkan juara 3

           Kemenangan yang membanggakan ini tentunya tidak lepas dari latihan yang giat dari para peserta dan juga bimbingan dari para Laoshimen Program Studi Sastra Cina Universitas Brawijaya yaitu Wanda Laoshi dan juga Firda Laoshi yang selalu mendampingi dan juga memberikan masukan untuk penampilan para peserta lomba.

       Semoga dengan kemenangan yang diperoleh beberapa mahasiswa Program Studi Sastra Cina Universitas Brawijaya mampu menjadi motivasi dan memacu semangat bagi seluruh mahasiswa agar memperoleh lebih banyak prestasi lagi kedepannya untuk Prodi Sastra Cina dan juga Universitas Brawijaya. (Helmi Khoirunnisa, Sastra Cina 2020)