Sejarah Program Studi Sastra Cina

Sastra Cina  | Fakultas Ilmu Budaya  | Universitas Brawijaya

Latar Belakang

Identitas Prodi

Program Studi Sastra Cina Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya berdiri sejak 15 Juli 2010 dengan nomor SK 209/SK/2010, dan sudah terakreditasi B dengan surat keputusan BAN-PT Nomor: 1122/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015.

Berdirinya Sastra Cina didorong oleh keinginan untuk terlibat secara aktif dalam komunikasi dan kerjasama global khususnya dengan negara Tiongkok yang saat ini sedang mencapai puncak perkembangannya di bidang sosial, politik, budaya, ekonomi dan industri.

Pada saat pertama kali dibuka, Program Studi Sastra Cina FIB UB telah menarik minat calon mahasiswa. Alumni Program Studi Sastra Cina tidak saja menguasai bahasa mandarin secara lisan maupun tulisan, namun mempelajari budaya Tiongkok yang juga memberi nilai tambah untuk menjembatani hubungan antara kedua negara dalam berbagai bidang.

Dalam waktu singkat, Program Studi Sastra Cina sudah mampu mengembangkan kerjasama dengan beberapa universitas di Tiongkok dan telah menghasilkan para alumni yang berkualitas, seperti bekerja di kantor pemerintahan, lembaga pendidikan, perusahaan swasta dan industri, wiraswasta, termasuk melanjutkan pendidikan S2 di berbagai universitas di Tiongkok.