MATCHING FUND
Kegiatan program Matching Fund ini merupakan respon perguruan tinggi dalam hal ini yang diwakili Program Studi Sastra Cina dan Program Studi Ilmu Manajemen di Universitas Brawijaya untuk turut berperan dalam mengembangkan dan meningkatkan ekspor produk UMKM Indonesia ke pasar luar negeri khususnya negara China. Adapun secara umum, tujuan program ini adalah memberikan pendampingan terkait e-commerce terhadap UMKM yang berada di bawah naungan mitra, yakni PT. Solusi Ekosistem Global. Kegiatan detail program kolaborasi Universitas Brawijaya dan PT. Solusi Ekosistem Global adalah Universitas Brawijaya mengadakan program pendampingan untuk melakukan diseminasi atas hasil (a) penelitian terkait pola perdagangan, (b) pengenalan platform penjualan online yang umum digunakan di China pada saat ini, (c) pemasaran produk online /e-live selling: foto dan video, (d) penerjemahan company profile dan produk UMKM, (e) pelatihan dan pendampingan belajar Bahasa Mandarin untuk kepentingan bisnis untuk SDM Mitra/UMKM, (f) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) & Pendirian pusat kajian studi China (PKSC), (g) penyusunan buku e-marketing yang memungkinkan pengusaha dan UMKM belajar mandiri Bahasa Mandarin untuk kepentingan perdagangan, dan (h) pengembangan literasi e-marketing melalui aplikasi digital berbahasa Mandarin dan website.